Cara membuat lem kertas dari tepung kanji atau tepung tapioka

Jika saat ini sobat sedang berusaha atau baru mulai belajar membuat berbagai macam kreasi kerajinan tangan yang terbuat dari kertas dan kardus tentunya akan membutuhkan atau akan banyak menggunakan lem sebagai salah satu bahan penunjang dalam pembuatan kerajinan tangan tersebut.

Biasanya lem yang digunakan dalam pembuatan kerajinan tangan yang terbuat dari bahan dasar kertas dan kardus adalah lem kertas yang biasa sobat beli di toko atau menggunakan lem kayu ( fox ).

Tapi selain kedua lem tersebut sobat juga bisa menggunakan lem kanji atau lem kertas dari kanji ( tepung tapioka ) sebagai alternatif penggunaan lem dalam pembuatan berbagai macam kreasi kerajinan tangan dari kertas dan kardus.

Keuntungan dalam penggunaan lem yang terbuat dari tepung tapioka adalah sobat bisa mengurangi biaya atau ongkos pembelian lem dalam pembuatan kerajinan tangan tersebut karena sobat bisa membuat sendiri lem kertas dari tepung kanji tersebut.

Selain itu keuntungan lainnya dengan menggunakan lem kanji dalam pembuatan kerajinan tangan yang berbahan dasar kertas atau kardus ialah kertas dan kardus dapat merekat atau akan menempel dengan kuat, lem kertas yang terbuat dari kanji tersebut seringkali digunakan untuk menempelkan poster-poster atau pamflet yang biasa kita temui di pinggir-pinggir jalan.

baca juga :
~ Kerajinan tangan dari koran bekas
~ Membuat bingkai foto dari koran bekas

Untuk membuat sendiri lem kertas yang terbuat dari kanji atau tepung tapioka ini juga tidak sulit justru terbilang sangat mudah, berikut adalah cara membuat sendiri lem kanji yang bisa sobat coba dirumah.

lem kertas dari tepung kanji ( lem kanji )
lem kanji

Cara membuat lem kertas dari tepung kanji / lem kanji


Bahan-bahan yang perlu sobat persiapkan dalam membuat lem kertas dari tepung kanji :
  • Tepung kanji / tepung tapioka sesuai kebutuhan
  • Air secukupnya

Untuk membuat lem kertas yang terbuat dari tepung kanji tersebut silahkan sobat campur tepung kanji dengan ditambahkan sedikit demi sedikit air ke dalam panci dan aduk-aduk hingga tercampur rata seperti bubur yang kental.

Jangan terlalu banyak air karena akan mengakibatkan campuran menjadi terlalu encer, jika terlalu banyak air atau terlalu encer sobat bisa tambahkan kembali tepung kanji supaya adonan menjadi kental kembali.

Panaskan campuran adonan tersebut diatas api sedang sambil di aduk perlahan
Aduk-aduk hingga adonan semakin mengental, jika sudah mendidih dan mengental angkat dinginkan, lem kanji sudah siap untuk digunakan.

Simpan lem kanji pada wadah atau tempat yang tertutup seperti wadah dari kaleng roti supaya lem kertas dari kanji tersebut lebih tahan lama atau tidak cepat mengering.

Nah, bagaimana sobat sangat mudah sekali kan cara membuat lem kertas dari tepung kanji atau tepung tapioka diatas? Selain sangat mudah juga sangat murah, layak untuk dicoba dirumah hehehe, selamat mencoba.

1 Response to Cara membuat lem kertas dari tepung kanji atau tepung tapioka

  1. CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar serta tenda lainnya. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL.

    Tim dengan skill yang profesional sehingga hasil kerja lebih efektif dan efesien.

    Tenda Kerucut / Sarnafil

    Tenda sarnafil adalah jenis tenda promosi, event ataupun bazar, dengan bentuk atap kerucut sisi dinding PVC 410 gsm dan 550 gsm Blackout yang dapat ditutup dan dibuka. Bisa juga menggunakan atap transparan.

    Tenda jenis ini dapat digunakan untuk :
    - Berbagai kegiatan promosi / event.
    - Bazar, Seminar dan Pameran.
    - wedding (pernikahan)
    Desain tenda sarnafil dapat disesuaikan dengan keinginan anda dan tersedia berbagai ukuran yaitu 3m x 3m, 4m x 4m, 5m x 5m dengan tinggi tiang kaki 2m s/d 2,5 m. Tenda ini juga bisa ditambahkan ornamen - ornamen seperti dinding ataupun pintu yang terbuat dari mika.

    Tenda Kerucut menggunakan ranga besi sedangkan Tenda Sarnafil menggunakan rangka alumunium.

    Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Silahkan hubungi 0811 1252 0824 RAHMA

    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci, Tangerang.
    SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00
    Anda juga dapat menghubungi kami di :
    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/
    https://tendagudangbogor.blogspot.com/
    Twitter : @TangerangRoder
    Instagram : @tendapameranjakarta
    Instagram : @tendagudangjakarta
    SHOPEE : @https:tendarodertangerang
    TOKOPEDIA :@partisipameran23
    PINTEREST : @TENDARODERBANDUNG

    BalasHapus